Pembuatan Susu Kedelai

Susu kedelai adalah cairan hasil ekstraksi protein biji kedelai dengan menggunakan air panas. Pembuatan susu kedelai sangat sederhana. Peralatan yang digunakan pun mudah diperoleh.

Makin dikenalnya susu kedelai, membuat susu nabati ini makin berperan sebagai susu alternatif pengganti susu sapi. Karena protein yang cukup tinggi dan harga relatif lebih murah. Sebagai minuman, dapat menyegarkan dan menyehatkan tubuh.

Berikut ini adalah metode pembuatan susu kedelai skala kecil dengan peralatan sederhana dan cocok untuk rumah tangga :

  1. Kedelai yang telah dipisahkan dari kotoran dan biji yang rusak, direndam dalam larutan baking soda 0,25 – 0,5% selama 15 menit. Perbandingan larutan perendam dan kedelai 3 : 1.
  2. Rebus rendaman kedelai sampai mendidih, tiriskan dan bilas dengan air bersih, pisahkan kulitnya dan dibuang. Untuk menghilangkan bau dan rasa langu, rendamlah kedelai dalam air panas selama 10 – 15 menit sebelum digiling.
  3. Kedelai yang telah direndam dalam air panas dimasukkan dalam blender. Tunggu beberapa saat sampai dihasilkan bubur kedelai. Bubur yang didapat ditambah air mendidih sehingga jumlah air keseluruhan mencapai 10 x lipat bobot kedelai kering.
  4. Bubur encer tersebut kemudian disaring dengan kain kasa dan filtratnya adalah susu kedelai mentah.
  5. Untuk meningkatkan cita rasa, tambahkan gula pasir sebanyak 5 – 7% dan flavour seperti coklat, moka, pandan, stroberry, vanilla secukupnya, kemudian dipanaskan sampai mendidih.
  6. Setelah mendidih, api dikecilkan dan biarkan api kecil selama 20 menit. Jaga jangan sampai susu pecah karena suhu kompor terlalu panas.
  7. Proses sudah selesai, susu kedelai siap diminum.

Mudah bukan ? Selamat mencoba …

Pos ini dipublikasikan di Minuman. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s